Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

SCHOOL SCIENCE CENTER
Sekolah Pembangunan Jaya

Fenomena Blue Moon

Fenomena Blue Moon atau Bulan Biru akan terjadi Minggu petang, 22 Agustus 2021. Peristiwa alam ini bisa Anda saksikan mulai pukul 18.00 di seluruh wilayah Indonesia selama satu malam.

 

“Fenomena Bulan Biru bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Sejak terbenam matahari hingga sebelum terbit matahari keesokan harinya,” kata Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang.

 

Secara umum, Andi menjelaskan, terdapat dua definisi yang berbeda mengenai Bulan Biru:

·        Bulan Biru Musiman (Seasonal Blue Moon), yakni bulan purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamya terjadi empat kali bulan purnama

·        Bulan Biru Bulanan (Monthly Blue Moon), yakni bulan purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali bulan purnama

 

Purnama Sturgeon

Purnama pada 22 agustus mendatang termasuk ke dalam Bulan Biru Musiman. Didalam almanak petani maine di amerika serikat, purnama ini dinamakan sebagai Purnama Sturgeon dikarenakan pada bulan Agustus, ikan sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap, purnama kali ini mempunyai nama lain Purnama Jagung Hijau (Green Corn Moon), Purnama Ceri Hitam (Black Cherry Moon), dan Purnama Terbang Tinggi (Flying Up Moon).

 

Bulan Biru Musiman terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali, dengan sebelumnya terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016, dan akan kembali terjadi pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027.

Galeri SSC

Back to top