Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

SCHOOL SCIENCE CENTER
Sekolah Pembangunan Jaya

Hilang nya lubang hitam supermasif

Alam semesta ini terdiri dari semua materi termasuk tenaga dan radiasi serta hal yang telah diketahui dan baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Kita semua hidup di dalam komponen alam semesta yaitu planet bumi. Dalam alam semesta terdapat lubang hitam yaitu tempat dimana gravitasi memiliki daya tarik sangat kuat sehingga cahaya tidak bias keluar. Baru baru ini terdapat lubang hitam supermasif yang hilang dalam pemantauan.

Lubang hitam supermasif yang berada di pusat gugus galaksi Abell 2261, tiba-tiba hilang atau tidak dapat terdeteksi oleh pengamat luar angkasa. Hal ini sontak membuat para astronom kebingungan kemana pergi nya atau kenapa bias tidak terlihat oleh pantauan. Lubang hitam itu sendiri diperkirakan memiliki berat antara 3 miliar dan 100 miliar kali massa matahari yang biasanya terlihat oleh radar astronom.(galamedia.com)

Sumber:NASA
Gambar Lubang Hitam

Dalam pencarian nya  para astronom telah melakukan pecarian dengan Observatorium Sinar-X Chandra dan Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA, mereka tetap tidak memiliki bukti bahwa lubang hitam tersebut bisa ditemukan di mana pun padahal seharusnya dapar terlihat dengan teleskop. Para astronom meyakini ada lubang hitam raksasa di sana yang jauh lebih besar dari lubang hitam di galaksi Bima Sakti. Lubang hitam di galaksi kita diperkirakan memiliki massa ‘hanya’ 4 juta kali massa matahari.(cnnindonesia)

NASA akan mengoperasikan teleskop yang lebih canggih dari generasi sekarang dalam waktu dekat, yaitu Teleskop Luar Angkasa James Webb. “Misteri tentang lokasi Lubang hitam raksasa ini memang berlanjut. Sekalipun pencarian tidak berhasil, harapan tetap ada bagi para astronom yang memburunya di masa depan. Setelah diluncurkan, James Webb Space Telescope mungkin bisa mengungkap keberadaannya. Jika tidak bisa, maka penjelasan terbaik adalah bahwa lubang hitam telah keluar dari pusat galaksi, “kata NASA.

 

Galeri SSC

Back to top