Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

SCHOOL SCIENCE CENTER
Sekolah Pembangunan Jaya

2020 Year End Observation SSC SPJ

Pada tanggal 14 Desember 2020, School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya bekerja sama dengan LAPAN Pasuruan menyelenggarakan kegiatan 2020 Year End Observation. Tujuan dari kegiatan ini, yakni untuk mengamati atau mengobservasi  Hujan Meteor dan Konjungsi Jupiter Saturnus, serta memberikan pemahaman tentang ilmu astronomi. Kegiatan 2020 Year End Observation SSC Sekolah Pembangunan Jaya di laksanakan Secara online melalui live zoom dan YouTube channel School Science Center SPJ diikuti lebih dari 320 peserta siswa-siswi Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro dan Sidoarjo dari TK sampai SMA serta masyarakat umum.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama berisi penjelasan oleh narasumber dari LAPAN Pasuruan Bapak Rian Pramudia Salasa, M.Kom, mengenai Hujan Meteor dan Konjungsi Jupiter – Saturnus, beliau menyampaikan bahwa hujan meteor terjadi karena bumi melintas di dekat orbit komet/ asteroid dan melewati serpihannya. Serpihan berupa kumpulan meteoroid, tertarik oleh gravitasi bumi, terbakar saat masuk ke atmosfer bumi, menghasilkan Hujan Meteor. Selain itu, Hujan Meteor Geminid 2020 Terjadi karena serpihan asteroid 3200-Phaethon, Bumi melintas di dekat orbit 3200-Phaethon pada 4-17 Desember. Puncak Hujan Meteor pada tanggal 13-14 Desember. Dapat terlihat hingga 86-107 meteor per jam dengan kecepatan 35 km/s. 


Gambar 1. Hujan Meteorid (sumber Lapan Pasuruan) 

Pada bulan Desember ini kita juga bisa mengamati peristiwa Konjungsi Jupiter-Saturnus 2020. Konjungsi bisa diartikan fenomena ketika dua atau lebih benda astronomi memiliki posisi berdekatan (satu arah pandang) jika dilihat dari bumi. Jupiter membutuhkan waktu 12 tahun untuk berevolusi, Saturnus 30 tahun. Berkonjungsi setiap 20 tahun sekali. Konjungsi Jupiter-Saturnus pada tanggal 16-25 Desember 2020.



Gambar 2. Konjungsi Jupiter - Saturnus (sumber Lapan Pasuruan)

Pada sesi kedua, dari LAPAN Pasuruan menampilkan hasil pengamatan Hujan Meteor Geminid dan Posisi Konjungsi Jupiter - Saturnus. Pak Rian menjelaskan terkait dengan pengamatan Hujan Meteor Geminid 2020 dan Konjungsi Jupiter – Saturnus.

Peserta terlihat sangat antusias, semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang ilmu Astronomi.

Galeri SSC

Back to top