Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

SCHOOL SCIENCE CENTER
Sekolah Pembangunan Jaya

Gerhana Bulan Total Perigee

(Sumber: infoastronomy.org)

Tanggal 26 Mei 2021 nanti bertepatan dengan Hari Raya Waisak, kita dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon. Gerhana bulan total ini terakhir terjadi pada 31 Januari 2018. Saat terjadi gerhana bulan total, bulan akan terlihat berwarna merah, seperti warna darah. Peristiwa Super Blood Moon tahun ini dapat terlihat denga jelas terutama di bagian Timur wilayah Indonesia.


LAPAN menerangkan, Gerhana Bulan Total tahun ini akan bertepatan dengan Bulan yang akan berada di titik terdekat dengan Bumi. Super Blood Moon berada di titik terdekat ke bumi yang dinamakan perigee. Dengan begitu, gerhana Bulan total (Super Blood Moon) akan terlihat lebih besar dari biasanya.

(Sumber: kompas.com)

Gerhana bulan total terjadi ketika bumi bergerak antara bulan dan matahari, melemparkan bayangan besar di bulan, menempatkan bulan dalam kegelapan. Bayangan penuh bumi atau umbra menutupi bulan. Posisi bulan, bumi, dan matahari sejajar sempurna, disertai cincin yang mengelilinginya yang nampak berwarna merah seperti darah sehingga dikenal istilah blood moon.


Hal ini terjadi karena pengaruh visual ketika cahaya matahari tersaring ke dalam atmosfer dan memproyeksikan warna merah ke bulan.


School Sience Center SPJ akan menyelenggarakan kegiatan peneropongan Gerhana Bulan Total Perigee pada tanggal 26 Mei 2021, yang akan ditayangkan langsung melalui Live Streaming Youtube Channel School Science Center SPJ (http://tiny.cc/sscspj).

Back to top